Yang Istimewa dari Negeri Yaman

Teduh.Or.Id – Seperti pemberitaan yang mudah diakses hari-hari ini, bahwasanya perang telah lama bergejolak di Yaman, huru-hara bagai hujan tak kunjung reda mengguyur negeri yang telah banyak mengorbitkan para ulama besar, mulai dari perang antar kabilah yang tak kunjung usai sampai perang dengan Syi’ah Al-Hutsi yang kini kian berkecamuk serta menjadi perhatian dunia international khususnya di jazirah timur tengah.

Namun di balik semua itu, apakah Anda tahu, ternyata orang Yaman adalah sosok yang banyak disebutkan dalam Hadits-Hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam? berikut ini kami coba suguhkan kepada Anda sebagian dari keutamaan-keutamaan mereka.

Pertama, Yaman lekat dengan iman. Orang Yaman disifati memiliki iman, ilmu dan kebaikan hati, hal ini disebutkan langsung oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dalam Hadits yang artinya:

Dari Abu Hurairah – radhiyallahu ‘anhu – dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda: “Penduduk Yaman telah datang kepada kalian, mereka adalah orang-orang yang paling luluh hati, dan paling lembut hati, keimanan ada di Yaman dan hikmah ada di Yaman. (HR: Bukhari – Muslim)

Kedua, keberkahan untuk Yaman. Keberkahan tak selalu terikat dengan kadar jumlah yang banyak nan berlimpah, namun lebih kepada kegunaan dan manfaat. Maka Yaman adalah negeri yang pernah didoakan keberkahan oleh Nabi kita yang artinya: Dari Ibnu Umar beliau menyebutkan Nabi shallallahu Alaihi Wasallam pernah berdoa: “Ya Allah berkatilah kami pada Syam dan pada Yaman. (HR: Bukhari)

Adakah doa yang paling Mustajab selain dari doa Nabi ?!

Ketiga, pasukan Islam berasal dari Yaman. Mungkin Anda pernah mendengar tentang keperkasaan tentara-tentara perang yang konon pernah dimiliki oleh beberapa negara dan raja? Namun yang satu ini adalah rekomendasi dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dimana beliau menempatkan kekhususan tersendiri atas pasukan Syam, Iraq dan Yaman. Sebagaimana Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: yang artinya: Dari Ibn Hawalah beliau berkata; Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda; “Kelak urusan sampai kalian menjadi tentara yang bersenjata, pasukan di Syam dan pasukan di Yaman dan pasukan di Iraq”, Ibnu Hawalah berkata; “Pilihkanlah untukku wahai Rasulullah jika aku mendapati peristiwa tersebut. Beliau bersabda: “Hendaklah kamu dengan Syam, sesungguhnya Syam pilihan Allah dari bumiNya, Allah memilih hamba-hamba pilihanNya ke Syam, adapun jika kamu enggan (ke Syam) maka hendaklah kamu dengan Yaman.” (HR: Abu Dawud 2485)

Tentunya ini adalah sedikit di antara sekian banyak keutamaan tentang Yaman, semoga di lain kesempatan kami bisa menghadirkannya untuk Anda. Tentang keistimewaan Yaman dan sekelumit hal-hal mengenai Yaman.