Talqin Setelah Mayit Dikuburkan Menurut Ibnu Taimiyyah

Syaikhulislam Ibnu Taimiyyah – rahimahullah – ditanya;

هل يجب تلقين الميت بعد دفنه؟ أم لا؟

Apakah Talqin mayit setelah dikuburkan wajib ataukah tidak?

Beliau – rahimahullah – menjawab ?

تلقينه بعد موته ليس واجبا بالإجماع، ولا كان من عمل المسلمين المشهور بينهم على عهد النبي صلى الله عليه وسلم وخلفائه. بل ذلك مأثور عن طائفة من الصحابة؛ كأبي أمامة وواثلة بن الأسقع. فمن الأئمة من رخص فيه كالإمام أحمد وقد استحبه طائفة من أصحابه وأصحاب الشافعي. ومن العلماء من يكرهه لاعتقاده أنه بدعة. فالأقوال فيه ثلاثة: الاستحباب والكراهة والإباحة وهذا أعدل الأقوال

“Mentalqinkannya setelah mati bukanlah wajib berdasarkan Ijma’ dan bukan merupakan amalan kaum muslimin yang populer (masyhur) di antara mereka pada masa Nabi – shallallahu ‘alaihi wasallam – dan para penerusnya (khalifah).

Namun amalan itu terdapat dalam Atsar yang berasal dari sekelompok sahabat seperti Abu Umamah dan Watsilah bin Al-Asqa’. – Radliyallahu ‘Anhuma –

Dan dari kalangan para Imam yang melonggarkannya adalah seperti Imam Ahmad, dan sekelompok ulama dari sahabatnya, dan (juga) Al-Ashhab dari Imam Al-Syafi’i.

Dan sebagian ulama ada yang memandangnya Makruh karena meyakininya Bid’ah.

Maka pendapat dalam masalah ini ada tiga ; Al-Istihbab (dianjurkan) Al-Karahah (Makruh), dan Al-Ibahah (boleh), dan ini (yang terakhir) pendapat yang paling adil.” (Majmu’ Al-Fatawa 24/298)

Dalam fatwa ini Syaikhilislam Ibnu Taimiyyah rahiamhullah memandang bahwa hukum Al-Ibahah yakni boleh sebagai pendapat yang paling adil atau pertengahan dalam masalah ini. Wallahu A’lam

Musa Abu ‘Affaf, BA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.