Seperti Apakah Hijab Yang Syar’i, Dan Apakah Cadar Termasuk?

 

Berhijab namun belum tentu syar’i, karena terkadang sebagian perempuan memakai hijab sebatas hanya menutup kepalanya saja, sementara area lainnya seperti leher, bahkan dadanya masih nampak terlihat.

walaupun seperti itu, seorag muslimah mesti tetap menghargai dan memberikan semangat agar mereka yang belum berhijab syar’i menjadi semakin terdorong untuk menyempurnakan hijabnya, bukan dicibir atau diremehkan sehingga menjadikan mereka terjatuh ke dalam perkara yang lebih buruk, seperti menjadi tidak mau berhijab sama sekali.

Lalu seperti apakah sebenarnya hijab yang syar’i itu?

Tentu untuk mendapatkan jawaban yang mantap adalah dengan kembali kepada fatwa ulama sepuh yang dalam ilmunya, dalam hal ini penulis nukilkan fatwa dari Ulama yang terkumpul dalam komite tetap riset dan kefatwaan saudi arabia atau yang lebih dikenal dengan Lajnah Da’imah.

Langsung saja ya , berikut pertanyaan yang dilayangkan kepada Lajnah Da’imah dengan No . (16340 )

ما هي صفة الحجاب الشرعي؟ وهل النقاب هو الحجاب، أم يختلف كل منهما عن الآخر في حكمه وفي مظهره؟ وهل ما ترتديه الفتاة من خمار يظهر وجهها ويديها هو الحجاب الشرعي؟

“Seperti apakah sifat hijab yang syar’i? Dan apakah Niqab itu dialah (yang dimaksud) hijab, ataukah keduanya berbeda dengan yg lainnya dalam hukum dan dalam tampilannya? Dan apakah perempuan yang memakai khimar (kerudung) namun menampakkan wajahya dan kedua tangannya adalah hijab yang syar’i?.

Jawaban Lajnah Da’imah :

يجب على المرأة تغطية وجهها عن الرجال الذين ليسوا من محارمها بأي غطاء مناسب، وكذا يجب عليها ستر جميع جسمها بالثياب الضافية غير الضيقة، وغير ذات الزينة الجالبة للأنظار، وهذا هو الحجاب الشرعي الذي أمر الله به في كتابه وعلى لسان رسوله – صلى الله عليه وسلم – والنقاب: حجاب شرعي لغير المحرمة بحج أو عمرة، إذا لم يبد منه سوى العينين فقط؛ لحديث ابن عمر الثابت في (صحيح البخاري) رحمه الله

Wajib atas perempuan menutup wajahnya dari para lelaki yang mereka bukanlah Mahram untuknya dengan penutup apa pun yang sesuai, dan begitu pun wajib atasnya menutup semua badannya dengan pakaian yang Dlafiyah (yang menyelubungi dari atas kepala sampai ke bawah) yang tidak sempit, dan bukan pakaian yang memiliki hiasan yang mengundang lirikan-lirikan. Inilah dia hijab yang syar’i yang telah diperintahkan Allah dalam kitab-Nya dan di atas sabda Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dan Niqab adalah ; Hijab Syar’i untuk perempuan selain yang ber-Ihram dengan haji atau umrah apabila tidak menampakkan wajah selain kedua mata saja berdasarkan hadis Ibnu Umar yang telah valid dalam Shahih Al-Bukhariy rahimahullah. Selesai.

Berarti hijab syar’i adalah pakaian yang menutupi semua badan dan termasuk wajah, tidak sempit, dan bukan pakaian yang ada hiasannya yang dapat menarik perhatian mata orang lain wabilkhususnya kaum lelaki.

Hijab Syar’i adalah perintah Allah, dan merupakan kebaikan dan kemuliaan untuk kaum hawa, maka hendaklah semua muslimah berusaha menyempurnakan hijabnya sembari memohon pertolongan kepada Allah atas hal tersebut. Semoga bermanfaat.

#cadar masuk akal # bukan radikal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.