Kebaikan dari Segarnya Air Kelapa Muda

Teduh.Or.Id – Kebiasaan masyarakat belakangan ini, ketika mereka merasa dehidrasi dan butuh asupan cairan adalah mengkonsumsi minuman energi atau minuman yang mengandung banyak zat kimia. Zat kimia yang terkandung di dalam minuman tersebut apabila dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang akan memicu melemahnya kinerja pada organ-organ tubuh khususnya bagian pencernaan. Bahkan tidak jarang memicu terjadinya penyakit yang kronis. Padahal kita masih mudah menjumpai minuman alami yang kandungannya jauh lebih aman bagi tubuh atau bahkan memberi manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah air kelapa yang keberadaannya bisa kita temukan di warung-warung sudut jalanan.

Air kelapa merupakan cairan terdapat di dalam buah kelapa yang terkandung di dalamnya banyak vitamin dan mineral. Air kelapa merupakan minuman yang banyak digemari masyarakat yang tinggal di daerah tropis. Selain rasanya yang menyegarkan, harganya pun relatif sangat terjangkau.

Sebagian besar masyarakat ketika mengkonsumsi air kelapa biasanya menambahkan cairan gula merah atau gula putih dan batu es. Tetapi ada juga yang mengonsumsinya secara utuh bersama batok atau kulitnya tanpa penambahan apapun.

Waktu terbaik mengkonsumsi air kelapa adalah sesaat setelah kelapa tersebut terkupas dan terpapar udara. Karena apabila terlalu lama dibiarkan akan banyak zat yang menguap atau bahkan terkontaminasi dengan zat lain yang menjadikan air kelapa tersebut menjadi berkurang khasiatnya terhadap kesehatan tubuh.

Kebaikan Air Kelapa

Kebaikan apa saja yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika kita mengkonsumsi air kelapa muda? Berdasarkan penelitian bahwa kandungan antioksidan, antiviral, antibakteri yang terdapat dalam air kelapa sanggup membantu menjaga kondisi tubuh untuk tetap bugar. Dan air kelapa ini sering dikonsumsi untuk mengatur tekanan darah, gula darah dan kolesterol di dalam tubuh bahkan meningkatkan metabolisme. Selain itu juga air kelapa muda bermanfaat untuk:

1. Menunda Penuaan Pada Kulit
Air kelapa muda mengandung cytokinin. Penelitian menyatakan bahwa cytokinin merupakan zat yang dapat mengatur pertumbuhan sel. Zat tersebut sanggup menekan penuaan pada sel kulit, tingkat PH balance kulit, dan juga menjaga otor tetap kuat dan segar. Bahkan membaluri kulit dengan air kelapa dapat menghilangkan keriput, jerawat, selulit dan bahkan enzema.

2. Menambah Energi
Mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang lainnya membuat air kelapa muda menjadi minuman energi alami yang sangat baik bagi tubuh. Air kelapa mengandung gula dan sodium yang cukup rendah yang menjamin aman untuk diminum oleh penderita diabetes atau tekanan darah tinggi. Dan ini menjadikan air kelapa pilihan minuman energi yang sempurna ditambah kandungan potasium, kalsium dan klorida yang terkandung di dalamnya.

Di dalam 100ml air kelapa muda terkandung 294mg potasium dibandingkan dengan minuman energi buatan yang hanya mengandung 117mg dan air kelapa muda mengandung 118mg klorida di mana minuman energi buatan hanya 39mg.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan
Air kelapa muda mengandung asam lauric yang akan dicerna menjadi monolaurin oleh tubuh. Monolaurin memiliki antiviral, antibakteri dan antiprotozoa yang membantu tubuh melawan berbagai macam zat yang membahayakan bagi tubuh seperti parasit, virus dan cacing di dalam organ pencernaan. Membuat air kelapa muda dapat membantu mencegah terjadinya diare, konstipasi, dan berbagai macam gangguan pencernaan sekaligus memaksimalkan imunitas di dalam tubuh.

Nah, mulai sekarang mari kita kembali beralih kepada minuman alami yang jauh dari resiko timbul penyakit yang membahayakan tubuh. Tapi jangan lupa, kalau Anda hendak membeli air kelapa muda untuk tetap selektif pada tempat dan cara penyajiannya yang higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.