Pilihlah Diet Terbaik untuk Anda

Teduh.Or.Id – Seseorang seringkali mengeluhkan keadaan bentuk tubuhnya yang sudah tidak lagi ideal. Terlebih lagi apabila mereka bercermin akan menimbulkan rasa risih dengan membesarnya bagian pinggul dan membuncitnya bagian perut. Ini biasanya terjadi pada kalangan pria ataupun wanita berusia di atas 25 tahun. Banyak daya usaha yang dikerahkan untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal. Sebagian menghadiri olahraga rutin dan sebagian lagi mengubah pola makan. Ataupun mungkin ada sebagian yang menjalani kedua-duanya. Kali ini kita hanya membahas empat jenis pola makan atau kita sebut diet yang bisa dilakukan dalam mendukung kembalinya bentuk tubuh yang ideal.

1. Diet Paleo

Sebagian besar masyarakat yang hidup di jaman ini tidak bisa menghindari makanan yang tercampur dengan bahan-bahan kimiawi bahkan tidak jarang mengandung pengawet. Yang pada dasarnya bahan makanan utamanya adalah makanan yang baik, tetapi karena dalam proses pengolahan bercampur materi kimiawi yang sangat tidak ramah dengan tubuh. Hal ini mengakibatkan beberapa perubahan kinerja tubuh yang tidak lagi optimal dalam mencerna makanan tersebut.

Diet Paleo mungkin menjadi pola makan yang bisa diterapkan pada sekelompok orang yang berkeinginan menjalani hidup sehat dalam menghindari atau meminimalisir bahan kimia dalam proses pengolahan makanan. Diet Paleo diadaptasi dari pola makan para leluhur manusia di jaman dahulu. Mereka memiliki imunitas yang baik pada tubuh dan juga sedikit sekali terkena penyakit. Ini disebabkan belum adanya bahan kimia yang masuk kedalam tubuh.

Diet Paleo pada dasarnya menekankan pada proses pengolahan makanan yang sederhana tanpa bahan kimia yang mendominasi. Pola makan jenis ini sangatlah melarang pelakunya untuk mengonsumsi makanan olahan. Mereka lebih cenderung memilih makanan alami dengan olahan sederhana dan berbumbu sederhana.

2. Diet Vegan

Berkumpulnya lemak pada bagian tubuh sungguhlah mengganggu nilai estetika visual. Dan ternyata kondisi demikian juga beresiko pada penyumbatan aliran darah. Ini beresiko menimbulkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit penyumbatan aliran darah. Hal ini dikarenakan begitu tingginya porsi makan dalam mengkonsumsi daging.

Sebagian orang menginisiasi untuk menjalani Diet Vegan. Pola makan ini sunguh-sungguh melarang pelakunya untuk mengkonsumsi seluruh jenis daging. Mereka sepenuhnya hanya mengkonsumsi tanaman, sayur-sayuran dan yang sejenisnya. Dengan melakukan pola makan ini, mereka menganggap akan terhindar dari resiko menumpuknya lemak atau tidak optimalnya dalam mencerna lemak yang masuk ke dalam tubuh. Dengan itu tidak akan lagi tejadi pembesaran pada bagian pinggul ataupun perut.

Dan tidak hanya itu bahkan Diet Vegan ini menjadi komitmen hidup bagi sebagian orang untuk tidak mengonsumsi segala jenis daging sepanjang hidup mereka. Kebanyakan dari mereka juga beralasan sebagai bentuk solidaritas terhadap hak hidup hewan.

Pilihlah Diet Terbaik untuk Anda
Kuat kalau cuma makan secuil roti?
3. Diet Keto

Berbeda dengan Diet Vegan, Diet Keto justru mewajibkan pelakunya lebih banyak mengkonsumsi daging dibandingkan nabati. Diet jenis ini biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan pola makan ini benar-benar fokus pada pengurangan massa lemak yang berlebih pada tubuh. Sistem kerja pola makan ini mengandalkan massa lemak yang tertimbun di dalam tubuh sebagai pengganti asupan nabati yang dihentikan oleh pelakunya. Dengan demikian massa lemak yang ada di dalam tubuh lambat laun akan berkurang dan bahkan mengurangi besarnya bentuk pada bagian tubuh tertentu.

4. Diet Atkin

Setiap mendengar kata ‘diet’ sebagian besar orang akan berpikir bahwa lemak menjadi penyebab terjadinya pembesaran pada bagian pinggul dan perut. Berbeda dengan kondisi itu, justru Diet Atkin menyarankan pelakunya untuk mengkonsumsi lemak atau protein sebebas mungkin. Tetapi, pelakunya terlarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Tidak hanya mengurangi berat badan tetapi pola makan ini menghindari pelakunya dari gula darah yang tinggi.

Dari empat jenis pola makan diatas akan terbagi lagi menjadi beberapa bagian berdasarkan jenjangnya. Nah, silakan Anda pilih jenis pola makan yang mana yang cocok untuk ada lakukan dalam waktu dekat ini. Perhatikan juga campuran dari setiap makanan yang dikonsumsi https://www.teduh.or.id/hukum-makanan-dicampur-khamr-saat-dimasak/. Allahu a’lam.

“Sebaik-baik umatku adalah masyarakat yang aku di utus di tengah mereka (para sahabat), kemudian generasi setelahnya. Kemudian datang kaum yang suka menggemukkan badan, mereka bersaksi sebelum diminta bersaksi.”

{HR. Muslim dan Ahmad}