Keutamaan Ibunda Kaum Beriman ‘Aisyah Radliyallahu ‘Anha

Setiap orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat wajib menghormati Istri-Istri Nabi ﷺ karena mereka adalah ibunda kaum beriman, Allah berfirman;


اَلنَّبِيُّ اَوْلٰى بِالْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ اَنْفُسِهِمْ وَاَزْوَاجُهٗٓ اُمَّهٰتُهُمْ ۗ

“Nabi itu lebih utama bagi orang-orang mukmin dibandingkan diri mereka sendiri dan istri-istrinya adalah ibu-ibu mereka.” (QS: Al-Ahzab Ayat 6)


Imam Al-Qurthuby – rahimahullah – berkata :

وأزواجه أمهاتهم شرف الله تعالى أزواج نبيه صلى الله عليه وسلم بأن جعلهن أمهات المؤمنين ; أي في وجوب التعظيم والمبرة والإجلال وحرمة النكاح على الرجال

“Dan Istri-istrinya Nabi ﷺ adalah ibu-ibu mereka ( yakni kaum beriman), Allah Ta’ala telah memuliakan istri-istri Nabinya ﷺ dengan menjadikan mereka ibu-ibu kaum beriman, pemulian dalam arti kewajiban mengagungkan mereka, berbuat baik, dan menghormati, dan pengharaman atas para lelaki menikahinya,” (Al-Jami’ Liahkamil Qur’an)

Terlebih khusus terhadap ‘Aisyah Radliyallahu ‘Anha, maka wajib atas setiap orang beriman menjaga adab dan sangkanya terhadap Beliau, karena beliau memiliki sangat banyak keutamaan:

‘Aisyah adalah wanita yang paling dicintai Nabi ﷺ :

‘Amr bin al-‘Ash – radliyallahu ‘anhu – pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ ;

أى الناس أحب إليك قال « عائشة ». قلت من الرجال قال  أبوها

“Siapakah orang yang paling engkau cintai ? Beliau ﷺ bersabda ; “Aisyah”. Dari golongan kaum lelaki siapakah? Beliau ﷺ menjawab ; “Bapaknya”. (Muttafaq ‘Alaih)

Beliau adalah istri Nabi kita Muhammad ﷺ di dunia dan kelak di surga, Nabi ﷺ bersabda:

عائشة زوجي في الجنة

“Aisyah adalah istriku di surga”

(Hadits Shahih dan lihat paparan Takhrijnya dalam Silsilah Ahadits Shahihah No. 1142)

Beliau adalah jelmaan dari mimpi yang pernah dilihat Nabi ﷺ sebelum Beliau menikahinya, Nabi ﷺ pernah bersabda kepada ‘Aisyah Radliyallahu ‘Anha;

أريتك في المنام مرتين، أرى أنك في سرقة من حرير، ويقول: هذه امرأتك، فاكشف عنها فإذا هي أنت

“Suatu ketika aku pernah diperlihatkan dirimu dalam mimpi dua kali, aku melihatmu berada di suatu kamar terbuat dari sutera, dan ada yang berkata kepadaku ; “Ini istrimu”, kemudian aku menyingkapnya maka tiba-tiba perempuan itu adalah dirimu.” (Muttafaq ‘Alaihi / Allu’lu’ Walmarjan 1/530 cet. Darulhadits)

Beliau adalah wanita yang penuh kesucian, Jibril menitip salam kepadanya, Nabi ﷺ pernah bersabda;

يا عائشة هذا جبريل يقرأ عليك السلام

“Wahai ‘Aisyah ini ada Jibril beliau menyampaikan salam kepadamu.”(Muttafaq ‘Alaih / Allu’lu’ Walmarjan 1/533 No. 1589) cet. Darulhadits.

Beliau adalah sosok yang sangat berkah, sehingga seringkali dengan sebab beliau kemudian wahyu turun dan berbuah menjadi syari’at yang sangat tinggi. Salah seorang shabat bernama Usaid bin Al-Hudlair pernah bekata;

 جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا، فَوَاللَّهِ مَا نَزَلَ بِكِ أَمْرٌ قَطُّ ، إِلَّا جَعَلَ اللَّهُ لَكِ مِنْهُ مَخْرَجًا، وَجَعَلَ لِلْمُسْلِمِينَ فِيهِ بَرَكَةً

“Jazakillahu Khaira (wahai ummulmukminin), Demi Allah tidak ada suatu kejadian pun yang engkau alami kecuali Allah telah jadikan jalan keluar untukmu dan Allah menjadikannya sebagai keberkahan untuk kaum muslimin”. (Muttafaq ‘Alaih)

Dan beliau juga adalah salah satu pintu riwayat hadits dalam Islam, sehingga total hadits yang beliau riwayatkan berjumlah 2210 hadits. (Siyar A’lamunnubala’ 2/139) cet. Muassasah Risalah.)

Dalam detik-detik wafatnya Rasulullah ﷺ maka ‘Aisyahlah yang menjadi tujuan Nabi ﷺ untuk bermalam dan merawat diri sampai akhirnya Beliau ﷺ wafat disisinya, ‘Aisyah Ummulmukmin Radliyallahu ‘Anha berkata;

فقبضه الله وإن رأسه لبين نحري وسحري

“Maka Allah mengambilnya sungguh dalam keadaan kepalanya berada di antara leher dan paru-paruku.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Maka cintailah ‘Aisyah radliyallahu ‘Anha dengan semestinya, yaitu dengan mengikuti akhlak, ilmu, dan ketaatannya kepada Allah ‘Azza Wajalla, bukan dengan menjadikannya sebagai lirik lagu dalam iringan musik yang telah diharamkan.

Musa Abu ‘Affaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.