Hukum Puasa Penuh 9 Hari Dzulhijjah

Sepuluh hari pada bagian pertama Dzulhijjah adalah salah satu moment berharga bagi orang-orang yang ingin meraih keuntungan pahala di Akhirat kelak, keutamaan beramal di dalamnya telah dijelaskan dengan begitu jelas oleh Rasulullah ﷺ .

Baca : Keutamaan Amal Saleh Di Sepuluh Dzulhijjah

Dan di antara amal saleh yang dianjurkan di dalamnya adalah berpuasa, namun apakah berpuasa di dalamnya dianjurkan secara penuh selama sembilan hari? Ataukah tidak?

Dianjurkan berpuasa penuh selama sembilan hari berturut-turut di sepuluh dzulhijjah, berdasarkan hadits yang keumuman maknanya meliputi puasa sebagai amal saleh yang dianjurkan.

Adapun hadits yang menceritakan bahwa Nabi ﷺ tidak pernah berpuasa penuh sembilan hari, yang berbunyi;

عن عائشة رضى الله عنها قالت ما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم صائما فى العشر قط

Dari Ummul Mukminin ‘Aisyah- Radliyallahu ‘Anha- beliau berkata; “Aku tidak pernah sekalipun melihat Rasulullah ﷺ berpuasa di sepuluh hari Dzulhijjah”. (HR: Muslim).

Hadits ini ditafsirkan dengan tidak berpuasa karena ada halangan syar’i seperti sakit atau safar, atau bisa jadi ‘Aisyah –Radliyallahu ‘Anha- menceritakan sebatas keadaan yang dilihat oleh mata kepalanya, namun sebenarnya Nabi ﷺ sedang berpuasa.

Tafsiran ini berasal dari Imam Annawawi – rahimahullah -, beliau berkata;

فيتأول قولها لم يصم العشر أنه لم يصمه  لعارض مرض أو سفر أو غيرهما أو أنها لم تره صائما فيه ولا يلزم من ذلك عدم صيامه في نفس الأمر

“Maka perkataannya (‘Aisyah –Radliyalahu ‘Anha-) “Tidak pernah puasa penuh selama sembilan hari”, ditafsirkan dengan bahwasanya  Beliau ﷺ tidak puasa padanya karena sebab perkara mendadak sakit, atau bermusafir, atau selain dari keduanya, atau sebenarnya Aisyah – Radliyallahu Anha – tidak melihatnya berpuasa di dalamnya namun itu tidak melazimkan ketiadaan berpuasa secara faktanya”. (Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al-Hajjaj 8/71)

Tafsiran lainnya mengatakan tidak berpuasanya Nabi ﷺ tidak berpuasa penuh sembilan hari karena khawatir itu akan menjadi kewajiban atas ummatnya, padahal pada dasarnya Beliau menyukai amalan tersebut.

Dan ini adalah pendapat Al-Hafizh Ibnu Hajar – rahimahullah – , beliau berkata:

ولا يرد على ذلك ما رواه أبو داود وغيره عن عائشة قالت ما رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم صائما العشر قط لاحتمال أن يكون ذلك لكونه كان يترك العمل وهو يحب أن يعمله خشية أن يفرض على أمته

“Dan tidak relevan atas hal itu hadits yang telah diriwayatkan Abu Dawud, dan lainnya dari ‘Aisyah –Radliyallahu Anha – beliau berkata: “Aku tidak pernah sekalipun melihat Rasulullah ﷺ berpuasa di sepuluh hari Dzulhijjah”, karena terdapat kemungkinan itu terjadi karena Beliau ﷺ kerap meninggalkan suatu amalan dan sementara Beliau sendiri menyukainya, karena khawatir akan diwajibkan atas ummatnya.” (Fathulbari 2/560 )

Dengan kedua tafsiran ini maka hadits Aisyah –Radliyallahu ‘Anha– di atas tidak dapat menjadi dalil untuk menafikan anjuran berpuasa sembilan hari penuh. Karena cerita tersebut mengandung beberapa kemungkinan yang menjadikannya tidak kuat sebagai dalil untuk meniadakan, itu bila dihadapkan dengan hadits keutamaan beramal saleh di dalam sepuluh Dzulhijjah.

Bahkan tidak berpuasanya Nabi ﷺ secara penuh pada sepuluh Dzulhijjah tidak dapat mengurangi kuatnya anjuran berpuasa di dalamnya meskipun itu dihasilkan dengan jalan kesimpulan, Al-Syaukani – Rahimahullah – berkata;

قد ثبت من قوله ما يدل على مشروعية صومها كما في حديث الباب فلا يقدح في ذلك عدم الفعل

“Sesungguhnya ada sabda Nabi ﷺ yang periwayatannya telah valid menunjukkan atas disyari’atkan puasa padanya, seperti yang disebutkan dalam hadits Bab ini, maka tidaklah ketiadaan berbuat dapat  mengurangi kekuatan dalam perkara itu”. (Nailul Authar 4/283 )

Pendapat lain mengatakan tidak disunnahkan berpuasa penuh sembilan hari berdasarkan hadits ‘Aisyah – Radliyallahu ‘Anha – di atas, dan menganjurkan agar puasa di sembilan hari dzulhijjah dilakukan secara berselang.

Musa Abu ‘Affaf 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.