Hukum Main Game PUBG

Memainkan game PUBG hukumnya Haram berdasarkan hal-hal berikut ini;

1. Game ini mengandung konten yang menyesatkan akidah seperti perintah agar sujud kepada berhala, dan setiap wasilah kepada syirk hukumnya haram, dan pengharamannya lebih keras dari pada diharamkannya berhala yang menjadi sebab penyimpangan akidah kaum Nabi nuh dari tauhid menjadi syirk.

Syaikh Prof.Dr. Sulaiman Arruhaili menjelaskan;

‏كنت سئلت قبل مايزيدعن تسعة أشهر عن لعبة البوبجي وأفتيت بتحريمها وذكرت أنها ذريعة إلى كثير من الشر ثم قد وقفت على تحديثها الأخير وفيه تعظيم الأصنام وأنها تنفع وأن من عظمها يحصل على سلاح أقوى وهذا هو الظلم العظيم والشرك الأكبر فعلى كل مسلم أن يحذر من هذه اللعبة ويمنع ذريته من لعبها

“Sebelumnya aku pernah ditanya , lebih dari sembilan bulan yang lalu tentang hukum game PUBG dan aku fatwakan dengan haramnya, dan aku telah menyebutkan bahwa game ini penghantar kepada banyak keburukan, Kemudian aku mendapatkan update terakhirnya, di dalamnya terdapat pengagungan berhala-berhala, dan berhala-berhala tersebut memberikan manfaat (yakni)  siapa saja yang mengagungkannya akan mendapatkan sejata yang lebih kuat. Dan inilah kezhaliman yang sangat besar, dan syirk yang besar, maka atas setiap muslim agar menjaui game ini dan melarang anak anaknya memainkannya” (Diambil dari twitt beliau pada tanggal 3 Juni 2020)

2. Game ini – kebanyakan – menghalangi dzikir kepada Allah, dan demikian juga menghalangi dari mendirikan Shalat, sehingga masuk ke dalam firman Allah ‘Azza Wajalla ;

اِنَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ فَهَلْ اَنْتُمْ مُّنْتَهُوْنَ

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti?” (QS; Al-Maidah 91)

3. Game PUBG ini lebih keji dari permainan kartu domino, dan permainan domino ini hukumnya haram sebagaimana yang telah difatwakan ulama Lajnah Adda’imah (No. 4338 tgl. 21/1/1402) , maka tentu PUBG yang lebih keji keadaannya lebih layak diharamkan.

4. Game PUBG memudlaratkan akal ditinjau dari segi fungsi fokusnya, dan memudlaratkan mata, sedangkan dalam hadits disebutkan;

لا ضرر ولا ضرار

“Tidak boleh ada kemudlaratan dan tidak boleh ada pemudlaratan”.

5. Game ini membuat pemainnya kecanduan, dan setiap apa saja yang melalaikan dalam volume yang banyak, namun sedikit manfaatnya, dan mengambil alih segenap perhatian hati maka hukumnya haram.

Warning ; Game ini sangat berbahaya untuk anak-anak, maka wajib atas orang tua menjaga anak-anak mereka dari game ini dari akibat buruk yang dapat menimpa keselamatan Agama dan fisik mereka, dan bahkan masa depan mereka. Setiap kalian ada pemimpin, dan kalian semua akan mempertanggung jawabkannya. Wallahu A’lam.

Demikian, diringkas dari fatwa Syaikh Muhammad bin Sa’d Al-Khalil Al-‘Ushaimi (Universitas Ummul Qura Makkah Al-Mukarramah), dan fatwa Syaikh Sulaiman Arruhaili.

Bekasi / Musa Abu ‘Affaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.