Hadits: Keutamaan Dzikir Masuk Pasar

Teduh.Or.Id – Ada doa masuk pasar yang keutamaannya sangat luar biasa jika dibaca oleh seorang muslim, apakah doa tersebut hadits-nya sahih?

Hadits doa masuk pasar lemah, para ulama yang terikat dalam komite fatwa tetap Saudi Arabia pernah ditanya tentang hadits tersebut dan mereka menyimpulkan hadits-nya lemah.

Berikut kami sebutkan isi fatwa mereka.

“Iya, hadits (doa) masuk pasar dla’if, dan bunyinya adalah, “Dari Umar bin Al-Khathhab Radliyallahu ‘Anhu sesungguhnya Rasulullah ﷺ pernah bersabda, “Siapa saja yang masuk pasar kemudian membaca:

لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد، يحيي ويميت وهو حي لا يموت، بيده الخير وهو على كل شيء قدير

“Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahulmulku walahulhamd, yuhyii wayumiit wahuma hayyun laa yamuut, biyadihilkhair, wahuwa ‘alaa kulli syainqadiir,”

Allah menetapkan baginya beribu-ribu kebaikan, dan menghapus dari dirinya beribu ribu keburukan, dan meninggikan beribu-ribu derajat baginya.”

Hadits ini tidak sahih dari Nabi ﷺ. Al-Hakim telah meriwayatkannya dalam kitab Al-Mustadrak dan juga oleh yang lainnya. Dan sebenarnya sekelompok dari Al-Huffazh (para ulama penghapal hadits) telah menghikayatkan bahwa ia adalah hadits yang Maklul (terdapat penyakit di dalamnya). Di antara para Huffazh tersebut adalah Ibulqayyim, dan Al-‘Ijluniy telah menyebutkannya dari Ibnulqayyim dalam kitab Kasyfulkhafa’, demikian itu karena pada sanad-nya terdapat ‘Amr bin Dinar Maula Aali al-Zubair, dan dia lemah di samping juga terdapat nakarah (narasi yang ganjal) dalam redaksi matn-nya.””

Demikian fatwa ini kami nukil dari kitab Fatawa Al-Lajnah Da’imah Jilid ke-13, Hal. 13. Cet. Darulashimah – Riyad KSA.

Fatwa ini ditanda tangani oleh: Syaikh Abdulaziz bin Baz selaku ketua, Syaikh Abdurrazzaq ‘Afifi selaku wakil ketua. Dan selaku Anggota adalah Syaikh Abdullah bin Ghudayyan, Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Abdulaziz Aalusy-Syaikh, dan Syaikh Bakr Abu Zaid. Semoga Allah merahmati beliau semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.