Hadits: Cara Menetapkan Hukum

Teduh.Or.Id – Hadits yang menjelaskan tataurut dalam memberikan fatwa atau mencari kesimpulan hukum, yaitu mulai mencari dalil dari al-Qur’an, lalu ke Hadits, kemudian bersandar ke nalar. Bagaimanakah derajat hadits ini di sisi ulama?.

Hadits tersebut adalah :

لما أراد أن يبعث معاذا إلى اليمن قال : كيف تقضى إذا عرض لك قضاء. قال أقضى بكتاب الله. قال : فإن لم تجد فى كتاب الله. قال فبسنة رسول الله -صلى الله عليه وسلم-. قال : فإن لم تجد فى سنة رسول الله -صلى الله عليه وسلم- ولا فى كتاب الله. قال أجتهد رأيى ولا آلو. فضرب رسول الله -صلى الله عليه وسلم- صدره وقال : الحمد لله الذى وفق رسول رسول الله لما يرضى رسول الله

Ketika Rasulullah ﷺ  hendak mengutus Mu’adz ke Yaman, beliau bertanya : “bagaimana engkau memberi keputusan apabila engkau dihadapkan dengan masalah?”, beliau (Mu’adz) menjawab : “Aku akan memutuskan dengan kitab Allah, Nabi ﷺ bersabda; “Jika kamu tidak mendapatkan di dalam Kitab Allah?” beliau menjawab : “Maka dengan Sunnah Rasulillah ﷺ, Nabi ﷺ bersabda; “Jika engkau tidak mendapatkan di dalam Sunnah Rasulillah – shallallahu ‘alaihi wasallam – dan tidak pula dalam kitab Allah?”, Mu’adz berkata: “Aku akan berijtihad menggunakan nalarku dan aku tidak akan teledor.” Kemudian Rasulullah ﷺ memukul (menepuk) dadanya Mu’adz dan bersabda: “Alhamdulillah yang telah memberikan taufiq kepada utusan rasulullah sesuai dengan apa yang diridlai rasulullah”.

Dan yang dimaksud dengan berijtihad dengan nalar dalam hadits ini adalah menggunakan Qiyas, Imam al-Baghawi Rahimahullah berkata:

لم يرد به الرأي الذي يسنح له من قبل نفسه ، أو يخطر بباله على غير اصل من كتاب ، أو سنة ، بل أراد به رد القضية إلى معنى الكتاب والسنة من طريق القياس

Yang diinginkan dengannya bukanlah nalar yang … berasal dari diri sendiri, atau apa yang terlintas dalam benaknya tanpa didasari di atas asal kitab atau Sunnah, akan tetapi yang beliau maksudkan dengannya ialah mengembalikan suatu persoalan kepada makna al-Kitab, dan Assunnah, dengan cara Qiyas.”[1]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah berkata: “Hadits ini dikeluarkan oleh: Ahmad, Abu Dawud, al-Tirmidziy, Ibnu ‘Adiy, al-Thabraniy, dan al-Baihaqiy, -semoga Allah merahmati mereka semua – dari hadits al-Huwairits bin ‘Amr dari beberapa orang sahabat Mu’adz, dari Mu’adz bin Jabal Radliyallahu ‘Anhu.[2]

أحمد وأبو داود والترمذي, وابن عدي والطبراني والبيهقي, من حديث الحويرث بن عمرو عن ناس من أصحاب معاذ عن معاذ

Al-Hafizh Ibnul Mulaqqin Rahimahullah berkata:

هذا الحديث كثيرا ما يتكرر في كتب الفقهاء والأصول والمحدثين ويعتمدون عليه ، وهو حديث ضعيف بإجماع أهل النقل – فيما أعلم

Hadits ini telah sering disebut berulang kali dalam kitab-kitab Fiqh dan al-Ushul, dan Ahli Hadits, dan mereka bersandar di atasnya, dan ia adalah hadits yang Dla’if (lemah) dengan kesepakatan ahli Naqd (kritik hadits) dalam (batasan) yang saya ketahui.[3]

Al-Hafizh Ibuljauziy Rahimahullah berkata:

هذا حديث لا يصح وإن كان الفقهاء كلهم يذكرونه في كتبهم ويعتمدون عليه و إن كان معناه صحيحا إنما ثبوته لا يعرف لأن الحارث بن عمرو مجهول وأصحاب معاذ من أهل حمص لا يعرفون وما هذا طريقه فلا وجه لثبوته

Hadits ini tidak Shahih walau pun Fuqaha’ (Ahli Fiqh) mereka semua menyebutkannya di dalam kitab-kitab mereka dan mereka bersandar di atasnya, jika pun maknanya Shahih namun sebenarnya ketetapannya (riwayat hadit ini) tidak diketahui, karena al-Harits bin ‘Amr adalah periwayat yang Majhul, dan sahabat-sahabat Mu’adz berasal dari negeri Hamsh yang mereka tidak dikenal, dan riwayat yang jalannya seperti ini maka tidak ada sisi (yang tepat dijadikan alasan) untuk menetapkannya”.[4]

Hadits ini juga dinilai Dla’if oleh dua Ulama Hadits besar al-‘Allamah al-Albaniy[5] dan Syua’ib al-Arna’uth[6] – semoga Allah merahmati beliau berdua -.

Walau pun hadits ini Dla’if, namun maknanya dinilai benar oleh para ulama, dan bahkan penerimaan hadits ini secara serempak oleh ahli fiqh dari zaman terdahulu menjadikannya tidak butuh sanad periwayatan lagi. Al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah seolah menyetujui hal ini, oleh karenanya beliau menukil ucapan salah seorang tokoh ulama tanpa membantahnya, beliau berkata:

وقد استند أبو العباس بن القاص في صحته – إلى تلقي أئمة الفقه والاجتهاد له بالقبول, قال: وهذا القدر مغن عن مجرد الرواية

Dan Abul’abbas bin al-Qassh bersandar dalam menshahihkannya (hadits ini) kepada penerimaan para Imam Fiqh dan Ijtihad terhadapnya, beliau berkata: “Dan sebatas ini sudah cukup daripada sekedar periwayatan.”[7]

Wallahu A’lam.


[1] Syarhussunnah al-Baghawi (10/117)

[2] Talkhishulhabir (4/336)

[3] Al-Badrulmunir (9/534) Darulhijrah KSA.

[4] Al-‘Ilalul Mutanahiyah (2/273)

[5] Lihat Sunan al-Tirmidziy Ta’liq al-Albaniy dan juga Misykatul Mashabih (2/350)

[6] Lihat Musnad Ahmad Ta’liq al-Arna’uth (36/382)

[7] Talkhishulhabir (4/337)