Garis Keturunan Nabi, Yang Belum Tau Harus Baca

Nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah semulia-mulia Nasab, darah yang mengalir dalam dirinya adalah darah lelaki dan wanita terhormat di masing masing zamannya. Dan berikut adalah nama-nama pendahulu beliau. selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dilahirkan dari buah kasih pernikahan Abdullah dan Aminah binti Wahb Azzuhriyyah Al-Qurasyiyyah.  Abdullah sendiri adalah putra dari Abdul Mutthalib dengan istinya Fathimah binti ‘Amr Al-Makhzumiyyah. Abdul Muthhalib adalah tokoh di tengah kaumnya yang sangat dihormati dan disegani, suku Quraisy senantiasa mendahulukan pendapatnya dalam urusan –urusan penting dan mendesak.

Abdul Mutthalib sendiri adalah putra dari Hasyim dan istrinya Salma binti ‘Amr Annajjariyyah Alkhazrajiyyah.

Hasyim adalah putra dari Abdu Manaf dan istrinya ‘Atikah binti Murrah Assalimah.

Abdu Manaf beliau adalah putra dari Qushay dan istrinya Huba binti Hulail Al-Khuza’iyyah. Qushay adalah sosok pembesar  Quraisy, konon pengurusan penutup (kelambu) Ka’bah, dan layanan makan minum gratis untuk jamaah haji – yang kemudian dikenal dengan Ar-Rafadah – kala itu di bawah tanggung jawabnya. Selain itu, musyawarah atau An-Nadwah menjadi tanggung jawab Qushay juga sehingga tidaklah satu urusan diputuskan kecuali itu dirumah beliau.

Qushay adalah putra dari Kilab dan istrinya Fathimah binti Sa’d, seorang wanita berdarah Yaman. Kilab adalah putra dari Murrah dan istrinya Hindun binti Sarir. Kemudian Murrah adalah putra dari Ka’b dan istrinya yang bernama Wahsyiyyah binti Syaiban.

Ka’b adalah anak dari Luayy dan istrinya yang bernama Ummu Ka’b Mariyah binti Ka’b. Sedangkan Luayy sendiri adalah anak dari Ghalib dan istrinya yang bernama Ummu Lu’ayy Salma binti ‘Amr Al-Khuza’iy.

Ghalib adalah anak dari seorang bernama Fihr dan istrinya yang bernama Ummu Ghalib laila binti Sa’d. menurut pakar nasab bahwa Fihr adalah sosok yang berdarah asli Quraisy di antara 12 kabilah Quraisy yang ada.

Fihr adalah anak dari Malik dan istrinya yang bernama Jandalah bintil Harst yang berasal dari kabilah Jurhum. Dan Ayahnya Malik bernama Nadhr sedangkan ibunya bernama Atikah binti ‘Adwan.

Nadhr adalah putra dari Kinanah dan istrinya bernama Barrah. Sedangkan Ayanya kinanah sendiri bernama Khuzaimah dan ibunya bernama ‘Awanah binti Sa’d.

Mudrikah adalah Ayah dari Khuzaimah dan istrinya Mudrikah yang adalah ibu dari Khuzaimah bernama Salma binti Aslam. Mudrikah sendiri adalah anak dari Ilyas dan istrinya bernama Khandaf, sosok wanita yang dijadikan sebagai acuan perumpamaan yang baik dan mulia.

Ilyas adalah putra dari Mudhar dan istrinya Arrabab binti Jandah. Kemudian Mudhar adalah putranya Nizar dan istrinya bernama Saudah. Dan Nizar sendiri adalah anak dari Ma’d dan istrinya bernama Mu’anah binti Jausyam dari kabilah Jurhum. Kemudian Ma’d adalah anak dari ‘Adnan.

Sampai ‘Adnan adalah batas nasab Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang disepakati oleh pakar sejarah dan nasab dalam Islam akan kebenarannya. Di atas itu maka tidak bisa dipertanggung jawabkan, hanya saja mereka para ahli sejarah dan Ulama telah bersepakat bahwa nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berakhir kepada Nabi Ismail yang merupakan putra nabi Ibrahim Alaihumush Shalatu Wassalam. [diintisari dari kitab Nurul Yaqin Fi Sirati Sayyidil Murslin]