Dua Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah Segar

Teduh.Or.Id – Menjalani segala aktivitas dalam keadaan sehat adalah harapan seluruh manusia. Menjalani gaya hidup yang tertata dengan baik, menjalani pola makan yang tersusun dengan baik, dan menjalani kegiatan olah raga terjadwal dengan baik adalah tiga hal yang biasanya selalu dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk menjaga kondisi fisik tetap terhindar dari penyakit. Tetapi tiga hal itu harus dilakukan dengan porsi yang tepat dan pada waktu yang sesuai dengan kebutuhan.

Buah selalu menjadi simbol yang mewakili asupan yang sehat dikarenakan beragam kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh. Buah yang dibahas kali ini adalah buah segar yang dapat dikonsumsi langsung tanpa proses pengolahan dan pencampuran dengan bahan makanan lain. Tetapi apakah Anda mengetahui bahwa mengonsumsi buah bisa jadi penghambat bagi tubuh untuk mencerna makanan di dalam tubuh apabila dikonsumsi pada waktu yang kurang tepat?

Mari kita ketahui waktu-waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah segar.

Pada Saat Perut Kosong

Pada pagi hari keadaan lambung kita dalam keadaan kosong. Pada saat itulah lambung kita memiliki kinerja yang maksimal untuk mencerna asupan makanan yang masuk. Atau bisa juga mengkonsumsi buah segar setengah jam menjelang atau selepas makan besar.

Buah yang dikonsumsi berbarengan dengan makanan lain akan membutuhkan waktu yang lebih lama bagi lambung untuk mencernanya. Tubuh Anda menggunakan enzim tertentu untuk membantu mencerna buah. Pada saat enzim ini bekerja mencerna buah tanpa ada makanan lain, tubuh akan mendapatkan kandungan dari buah secara otrimal. Dengan demikian gula, karbohidrat dan vitamin yang terkandung dalam buah akan terserap dengan maksimal ke dalam tubuh. Dan apabila pada proses ini terdapat makanan lain maka proses mencerna akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan kemungkinan terbesar adalah adanya pengendapan pada saluran pencernaan.

Keadaan ini akan menyebabkan kembung, rasa panas dalam perut, diare, dan bersendawa. Jadi mulai sekarang hilangkan kebiasaan kita mengkonsumsi buah dalam rangkaian makan besar. Apabila Anda ingin menyantap buah sebagai sarapan pagi maka apel dan jeruk sungguh hidangan yang menggiurkan.

Buah segar teduh
Makan buah pun ada aturannya.
Menjelang dan Selepas Berolahraga

Buah yang dicerna lambung akan menjadi energi yang diserap dari kandungan gula, karbohidrat dan vitamin yang berlimpah. Terlebih bagi Anda yang memiliki aktifitas yang membutuhkan banyak energi, buah adalah pilihan tepat disantap menjelang berolaharaga.

Di dalam buah terdapat potasium yang bisa menggugah keseimbangan elektrolit dalam tubuh ketika Anda banyak melakukan pergerakan tubuh. untuk mendapatkan energi yang maksimal Anda bisa mengkonsumsi mangga atau pisang. Apabila dikonsumsi selepas berolahraga akan membantu tubuh menjaga keseimbangan elektrolit dalam membantu pemulihan otot. Buah yang cocok disantap adalah mangga dan pisang apabila Anda hendak berolahraga.

Tetapi bagi penderita diabetes untuk memastikan kandungan gula atau karbohidrat yang terdapat pada buah yang hendak disantap. Dan sebagai bentuk kehati-hatian bahwa tidak seluruh makanan olahan yang berbahan dasar buah lantas menjadi baik bagi tubuh. jus buah dan buah yang dikeringkan sangatlah berbahaya dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Makanan atau minuman olahan ini memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang jauh lebih tinggi dibandingkan buah segar. Terlebih lagi buah yang dikemas di dalam kaleng merupakan buah yang tidak direkomnedasi untuk dikonsunsi secara rutin karena mengandung bahan pengawet dan kandungan gula amat sangat tinggi.

Bagi Anda yang memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap asam, maka tidak disarankan bagi Anda memakan buah yang mengandung asam yang tinggi pada saat perut Anda kosong terlebih lagi menjadikannya menu sarapan pagi.

Hidup sehat butuh pemahaman yang sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.