Diberi Lantas Menyukai, Tak Diberi Lalu Memusuhi

Teduh.Or.Id – Manusia adalah hamba sahaya milik sesuatu yang sangat dibela dan dicintainya, seberapa kuat nan banyak kecondongan seorang terhadap sesuatu, ketika itu pula sesungguhnya penghambaan telah dia persembahkan terhadap sesuatu tersebut.

Bisa jadi sesuatu itu berupa harta benda, cinta kepada wanita, gila jabatan dan kehormatan, bila menjadikan seorang melanggar norma Agama dan membenarkan semua cara demi meraih semua itu, ketika itu seorang pada hakikatnya telah menjadi budak sahaya hawa nafsunya.

Keadaan ini dijelaskan dengan lugas di dalam Al-Qur’an Surat Al-Jatsiyah ayat 23 dan Al-Furqan ayat 43, dimana Allah dengan bahasa celaan, mencela orang-orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan sesembahan.

Dalam Hadits Riwayat Bukhari (No. 2887) Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda mengingatkan ummatnya dari marabahaya mengekor hawa nafsu, artinya: “Celakalah hamba dinar dan dirham dan hamba khamishah (pakaian berbahan sutera), jika diberi relalah ia, dan jika tak diberi, marahlah”

Sifat menuhankan keinginan dan ambisi dapat berakibat fatal bagi siapa saja yang melakukannya, akibat dari itu nampak dalam wujud akhlak yang buruk, yaitu jika diberi atau mendapatkan apa yang dicarinya maka dia akan senang dan mendukung pihak yang memberi, namun jika sebaliknya ia tidak diberi, maka murkalah ia, bahkan apa pun bisa dilakukannya demi melampiaskan kemurkaan dan kekecewaan.

Kasus yang menyeret elit politik dan mewakili dua instansi penting negara baru-baru ini, tiba-tiba mengingatkan kami kepada bahasan ini, seperti yang diberitakan oleh banyak pihak media, sangketa Polri dan KPK kian meluas dan bagai tak berujung, beribu pendapat dan anggapan mungkin telah bermunculan, bahkan telah melahirkan kubu-kubu tertentu demi mendukung pihak yang harus di save (selamatkan), namun tak ada asap jika tak memiliki api, asal mula semua keributan politik tersebut tidaklah jauh dari menghambasahayakan diri kepada hawanafsu.

Gambar dari : http://statis.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2013/06/harta-tahta.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.