Aplikasi: Al Quran ala Andi Unpam

Al Quran hadir sebagai firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, lewat malaikat Jibril untuk petunjuk bagi umat manusia. Beliau shalallahu alaihi wa sallam kemudian menyampaikannya kepada para sahabat. Mereka pun menghafal, di antaranya ada pula yang menuliskannya. Seiring waktu maka kemudian Al Quran berhasil dibukukan menjadi sebuah kitab suci yang dapat kita temukan sampai saat ini. Alhamdulillah.

Kini lebih dari 14 abad kemudian, firman Allah tersebut tidak hanya hadir dalam bentuk cetakan saja. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat mampu membawa copy Al Quran ke ranah digital. Salah satunya lewat aplikasi yang dapat dilihat melalui smartphone. Munculnya Al Quran dalam sebuah smartphone apabila dilihat dari sisi positif tentu sangat membantu umat manusia. Terutama dalam kemudahan mengakses dan mempelajarinya.

Ada banyak developer aplikasi ‘menawarkan’ aplikasi Al Quran buatan mereka di Playstore maupun iOS. Meski ayatnya itu-itu saja, namun sajian antarmuka, mode, dan fitur yang ditawarkan membuat setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing. Dari sekian banyak aplikasi, ada satu yang menarik perhatian kami selama ini. Yakni aplikasi Al Quran yang dibuat oleh Andi Unpam.

Sederhana dalam Tampilan

Andi Unpam merupakan developer yang berfokus pada kesederhanaan tampilan antarmuka di tiap aplikasi buatannya. Aplikasi Al Quran dengan terjemah bahasa Indonesia buatannya hadir dengan tampilan clean n simple. Dipadu kombinasi warna soft semakin membuat visualisasinya nyaman dilihat.

Pada halaman awal, kita akan mendapati lima menu utama yakni Baca Quran, Terakhir Baca, Pencarian, Jadwal Sholat, dan Pengaturan. Apabila kita memilih Baca Quran, baru kemudian ada pilihan lain yakni untuk Surah, Juz, serta Bookmark untuk menandai surat atau ayat yang kita baca.

Menu Terakhir Baca, menjadi semacam history dari aktivitas kita saat membuka aplikasi ini. Nantinya ketika menu ini diakses, kita akan dihadapkan pada pilihan aktivitas sebuah ayat yang terkahir dibuka, dalam mode ‘Lihat Sebagai Surah’ atau ‘Lihat Sebagai Juz’.

Yang menarik datang dari menu Pencarian dalam aplikasi ini. Dalam tampilan sederhana kita diminta untuk memasukkan kata kunci dalam pencarian. Ditambahkan dengan pengaturan pencarian yang ‘Mendekati’ atau ‘Spesifik’ di dalam antarmukanya. Misalnya kita masukkan kata ‘riba’. Maka dalam Pencarian Mendekati, seluruh kata yang mengandung unsur ‘riba’ akan ditampilkan bersama suratnya lengkap. Kata seperti beribadah, akan terbawa dalam hasil pencarian.

Sementara apabila menggunakan mode Pencarian Spesifik. Maka hanya kata ‘riba’ yang berdiri sendiri tanpa imbuhan yang akan muncul. Selanjutnya apabila kita dapat melihatnya dalam dalam mode ‘Lihat Sebagai Surah’ atau ‘Lihat Sebagai Juz’. Mirip seperti mode Terakhir Baca.

Satu lagi adalah menu Jadwal Sholat. Menu ini membutuhkan izin lokasi kordinat agar jadwal yang muncul dapat lebih akurat sesuai tempat kita berada. Dalam antarmukanya tersaji penanggalan hijriyah dan romawi. Serta pengingat durasi waktu sampai waktu salat selanjutnya tiba.

Pengaturan yang Tepat Guna

Menu pengaturan aplikasi Al Quran dari Andi Unpam mungkin salah satu yang terbaik dari beberapa aplikasi serupa. Pengaturan di aplikasi ini menyajikan fungsi yang tepat bagi penggunanya. Tidak bertele-tele maupun kelebihan muatan fitur yang kurang penting.

Misalnya saja, Andi Unpam memberikan pilihan penulisan huruf arab, yakni IndoPak (Asia) dan Utsmani (madinah). Lalu ada pula pengaturan ukuran font arabic mulai dari 12 sampai 30 untuk yang terbesar. Dan yang paling menarik ialah hadirnya fungsi pengaturan tajwid dalam aplikasi ini.

Pengaturan Tajwid dapat diatur ON OFF sesuai kebutuhan pengguna. Pengaturan tersebut tidak berlaku satu untuk semua, namun satu per satu sesuai dengan tajwid mana yang sedang dipelajari atau perlu diketahui. Jadi ghunnah, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, Iqlab, dan lainnya dapat diaktifkan/dinonaktfikan satu per satu. Menarik sekali.

Pengaturan lain yang tak kalah bagusnya adalah keberadaan mode Latin (transliterasi) yang bisa diatur aktif atau tidak. Juga terdapat pilihan besar font seperti halnya huruf arabic. Serta mode Terjemahan yang didalamnya memuat pengaturan terjemahan bahasa Indonesia dan terjemahan kata per kata. Andi Unpam juga menyertakan pilihan penerjemah antara versi Kemenag-RI dan Tafsir Al-Jalalain.

Pilihan Qori Beragam

Fitur lain dari aplikasi karya Andi Unpam ialah keberadaan audio dari beragam qori yang sudah tidak asing. Hani Ar-Rifai, Mishary Rashid, Maher Al-Muaiqly, Saad Al-Ghamdi merupakan beberapa nama yang turut hadir menyemarakan aplikasi ini.

Tapi untuk dapat mendengarkan bacaan dari tiap qori, kita perlu untuk mengunduh file audionya terlebih dulu. Sayangnya saat kita memilih satu nama dari qori untuk didengarkan. Maka sistem aplikasi secara otomatis akan mengapus pilihan audio murotttal dari qori lain.

Ketiadaan fitur audio saat pertama kali meng-install aplikasi tersebut sepertinya untuk menyiasati penggunaan memori simpan agar tidak membengkak. Karena ada aplikasi Al Quran lain yang langsung memaksa penggunanya untuk turut menginstal audio murottal. Jelas saja hal tersebut akan menguras memori smartphone kita.

Sisanya adalah pengaturan umum tentang pencahayaan, popup ayat, maupun update perangkat. Tanpa perlu menyentuh bagian pengaturan tersebut pun, aplikasi ini secara umum sudah user friendly sehingga sangat nyaman digunakan.

Kelebihan dari aplikasi Al Quran dari Andi Unpam yakni semua fiturnya langsung tersaji lengkap tanpa perlu membayar lagi. Adapun keberadaan fitur donasi pada aplikasi lebih kepada fungsi penghapusan iklan saja. Padahal jika ada iklan pun, itu tidak mengganggu dalam penggunaan aplikasi secara umum.

Pada akhirnya, apabila ada aplikasi Al Quran yang selalu kami instal saat berganti smartphone, maka aplikasi inilah jawabannya. Perpaduan antarmuka sederhana dan fitur yang tepat guna membuat aplikasi ini sangat nyaman digunakan. Pengaturannya pun tersaji efisien, tidak berlebihan.

Andi Unpam sendiri sudah membuat aplikasi Al Quran dengan bahasa lain, seperti bahasa Inggris, Melayu, Bengali, Perancis, dan Urdu. Sang developer juga menghadirkan aplikasi lain di Playstore yang berhubungan dengan Islam, dalam Jadwal Sholat dan Kiblat, dan Kamus Arab Indonesia. Selain itu ada pula Kamus Bahasa Inggris, KBBI, dan MP3 Voice Recoder. Yang kesemuanya dapat dimanfaatkan untuk hal positif.

Bagi yang hendak melihat dan menginstal aplikasi Al Quran karya Andi Unpam dapat mengakses tautan Aplikasi Andi Unpam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.