ANJURAN BERSHALAWAT DI MALAM DAN HARI JUM’AT

Di antara amal ibadah yang dianjurkan adalah bershalawat kepada untuk Nabi ﷺ , Allah ‘Azza Wajalla berfirman;

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS: Al-Ahzab 56)

Shalawat kepada Nabi ﷺ maksudnya – seperti yang dijelaskan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitabnya Jala’ul Afaham – adalah mendoakan Beliau keberkahan dan sanjungan dari Allah ‘Azza Wajalla. Sebab secara bahasa, Shalawat artiya adalah berkah, dan sanjungan, dan makna shalawat tidak keluar dari asal maknanya dalam bahasa. 

Dan Ketika seorang bershalawat maka hakikatnya ia tengah memohonkan sesuatu yang sangat baik untuk selain dirinya, dan itu ia lakukan demi mematuhi perintah Allah dan NabiNya, hakikatnya ia mendahulukan apa yang dicintai Allah, dan apa yang disukai Nabi ﷺ  dari pada berdoa meminta hajat dan keperluannya, maka jadilah hakikat ini menjadi salah satu penyebab meraih keberkahan dan cinta Allah dan cinta NabiNya, karena Aljaza’ min jinsil’amal, yaitu balasan pasti setimpal dengan jenis perbuatan.

Dan di antara waktu yang kita dianjurkan bershalawat untuk Nabi ﷺ adalah pada malam dan hari jum’at, dalam sebuah hadits disebutkan;

أكثروا الصلاة علي يوم الجمعة و ليلة الجمعة ، فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه عشرا

Perbanyaklah Shalawat atasku pada hari jum’at, dan malam jum’at, maka siapa saja yang bershalawat atasku akan satu shalawat maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh.” (hadits ini dinilai shahih Al-Albani, dan bisa dilihat Takhrijnya dalam kitab Silsilah al-Shahihah No. 1407)

Lalu bacaan Shalawat yang dibaca yang mana?

Bacaan Shalawat yang paling utama adalah bacaan yang diajarkan langsung oleh Nabi – Shallallahu ‘Alaihi Wasallam -, kepada ummatnya, dan shalawat itu ada dalam Shahih Bukhari dan Muslim yang berbunyi:  

اللهمَّ صلِّ على محمَّد وعلى آل محمَّد، كما صليتَ على إبراهيم وعلى آل إبراهيم؛ إنَّك حميدٌ مجيد. اللهمَّ بارِك على محمَّد وعلى آل محمَّد، كما باركتَ على إبراهيم وعلى آل إبراهيم؛ إنَّك حميدٌ مجيد

Demikian, dan semoga Allah memberikan kita taufiq dan hidayah untuk beribadah dan bershalawat atas Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. 

Musa Abu ‘Affaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.