Istri Minta Cerai, Begini Ancamannya

Istri Minta Cerai, Begini Ancamannya

Untuk para Istri yang suka berkata kepada suaminya: “ceraikan saja aku”, atau berkata: “kita cerai saja!”, padahal sebenarnya masalah yang menyebabkan dia berkata seperti itu hanyalah urusan remeh saja, namun karena tersulut emosi dan kurang sabar sehingga akhirnya dia menjadi berani terhadap suaminya dan berkata seperti itu kepadanya.

Wahai para Istri Beginilah sabda Nabi shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

أيما امرأة سألت زوجها الطلاق من غير ما بأس فحرام عليها رائحة الجنة

Artinya: “Perempuan mana saja yang meminta cerai dari suaminya tanpa ada sesuatu (alasan) yang sangat mendesak maka haram atasnya wangi surga.”

Hadits ini berasal dari seorang shahabat Nabi yang bernama Tsauban radliyallahu ‘anhu, dan dikeluarkan oleh para Imam, yaitu : Abu Dawud, Tirmidziy, Addarimiy, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnul Jarud, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqiy, Ibnu Abi Syaibah, Ath-Thabariy dalam Tafsirnya. Rahimahumullah Jami’an.

Imam Tirmidziy berkata: “Hadits (ini) Hasan”, Imam Al-Hakim berkata: “Hadits (ini) Shahih di atas syarat Syaikhain (bukhariy-muslim). Dan Adz-Dzahabiy menyepakatinya. Dan Syaikh Al-Albaniy juga menghukuminya Shahih. Rahimahumullah Jami’an. [Irwa’ul Ghalil 7/100/No. Hadits 2035]

Tentu ini adalah ancaman yang mengerikan dan menunjukkan haramnya seorang istri meminta cerai tanpa sebab yang mendesak. Maka hendaklah seorang istri bersabar dan menahan lisannya untuk meminta cerai, sesungguhnya perceraian bukanlah solusi yang terbaik untuk suatu persoalan yang bergejolak di dalam sebuah keluarga.

Musa Abu ‘Affaf